Ternyata Virus Corona Sudah Ada Sejak 2013 dan kasus Pertamanya bukan di China - Portal rimbawan

Portal rimbawan - Pada pertengahan Juni tahun lalu, Ali Mohamed Zaki, seorang ahli virus di Rumah Sakit Dr Soliman Fakeeh di Jeddah, Arab Saudi, menerima telepon dari seorang dokter yang khawatir tentang seorang pasien. Pria berusia 60 tahun itu telah dirawat di rumah sakit karena pneumonia virus yang parah dan dokter ingin Zaki mengidentifikasi virusnya. Zaki memperoleh dahak dari pasien dan mulai bekerja. Dia menjalankan tes lab yang biasa. Satu demi satu mereka kembali negatif.

Bingung dengan hasilnya, Zaki mengirim sampel ke laboratorium virologi terkemuka di Erasmus Medical Centre di Rotterdam. Sambil menunggu tim Belanda memeriksa virusnya, Zaki mencoba satu tes lagi. Kali ini ia mendapat hasil positif. Itu menunjukkan agen infeksi milik keluarga patogen yang disebut virus Corona. Flu biasa yang disebabkan oleh virus Corona. Lebih mematikan ketimbang infeksi Sars.  Zaki dengan cepat mengirim email ke lab Belanda untuk memberikan peringatan. Tes mereka mengkonfirmasi ketakutannya, tetapi malah lebih mengerikan: ini adalah virus Corona yang belum pernah dilihat sebelumnya.

Untuk mengingatkan ilmuwan lain, Zaki memposting catatan tentang proMED, sistem pelaporan internet yang dirancang untuk secara cepat berbagi rincian penyakit menular dan wabah dengan para peneliti dan lembaga kesehatan masyarakat. 

Langkah itu sangat merugikannya. Seminggu kemudian, Zaki kembali ke tanah kelahirannya di Mesir, kontraknya di rumah sakit terputus, katanya, di bawah tekanan dari Kementerian Kesehatan Arab Saudi. "Mereka tidak suka ini muncul di proMED. Mereka memaksa rumah sakit untuk mengakhiri kontrak saya," kata Zaki kepada Guardian dari Kairo. "Saya terpaksa meninggalkan pekerjaan saya karena ini, tetapi itu adalah tugas saya. Ini adalah virus yang serius."

Betapa seriusnya masalah itu saat itu. Sementara Zaki telah bekerja untuk mengidentifikasi virus, kesehatan pasien telah menurun. Pneumonianya memburuk; napasnya semakin pendek. Ginjal dan organ lainnya mulai goyah dan gagal. Terlepas dari semua obat-obatan dan dialisis, dan ventilasi mekanis untuk membantunya bernafas, pria itu meninggal 11 hari setelah ia tiba di rumah sakit.

Sendiri, kasus Jeddah lebih menarik daripada menakutkan. Meskipun banyak yang dibuat dari virus yang terkait dengan yang menyebabkan Sars, yang menyebar ke lebih dari 30 negara dan membunuh 800 orang pada tahun 2003, keduanya secara genetik sangat berbeda. Sars menakutkan karena menyebar dengan mudah dan membunuh begitu sering. Itu beredar di keluarga, dan merobek rumah sakit. Pasien Jeddah hanyalah satu kasus.

 Atau begitulah tampaknya. Sejak virus itu terungkap pada September tahun lalu, jumlah kasus telah meningkat menjadi 15. Lebih dari setengahnya telah meninggal. Kematian terakhir adalah seorang pria berusia 39 tahun, yang dilaporkan oleh Arab Saudi minggu ini. Jumlahnya belum mengkhawatirkan, tetapi kemunculan kasus baru yang stabil, dan fakta bahwa infeksi kini telah menyebar dari orang ke orang, telah memicu upaya intensif untuk memahami virus, dan secara diam-diam bersiap untuk yang terburuk.

“Kami tidak tahu apakah virus ini memiliki kemampuan untuk memicu epidemi penuh. Kami benar-benar dalam kegelapan tentang hal itu, ”kata Ron Fouchier, seorang ahli virologi molekuler di Erasmus Medical Center yang labnya mengidentifikasi virus Zaki. "Kami pikir apa yang kami lihat hanyalah puncak gunung es, tetapi kami tidak tahu seberapa besar gunung es itu, atau di mana letak gunung es itu."

Di seberang Gedung Parlemen di tepi sungai Thames adalah Rumah Sakit St Thomas, London. Pada September tahun lalu, dokter di unit perawatan intensif berjuang untuk mendiagnosis seorang pria berusia 49 tahun dari Doha, Qatar, yang tiba dengan ambulans udara dengan infeksi saluran pernapasan serius. Dia dirawat dengan isolasi yang ketat. Pria itu punya virus, itu sudah jelas, tetapi sifat infeksi itu adalah sebuah misteri. Dia baru-baru ini mengunjungi Arab Saudi.


Bingung dengan kasus ini, para dokter di rumah sakit memberi tahu Layanan Demam Impor dari Health Protection Agency yang memulai penyelidikan sendiri. Para ilmuwan menjalankan tes pada pria Qatar untuk mengecualikan infeksi umum. Mereka kemudian mendapat keberuntungan. Malam mereka menyelesaikan tes putaran pertama, dua ilmuwan di tim HPA masuk ke proMED di rumah. Di sana di layar ada sebuah catatan yang diterbitkan sebelumnya hari itu dari seorang Profesor Zaki di sebuah rumah sakit di Arab Saudi. Ia mengumumkan penemuan coronavirus baru dan mematikan. Pasien memiliki gejala yang hampir identik dengan pria Qatar.

Hari berikutnya, hari Jumat, HPA menjalankan tes baru. Hasilnya tidak menyenangkan. Tes untuk coronavirus spesifik dan terkenal muncul negatif. Tetapi tes umum untuk keluarga coronavirus adalah positif. Itu sangat menyarankan mereka berurusan dengan bug yang sama yang telah membunuh pria di Jeddah. Investigasi HPA mengubah roda gigi. Pada akhir hari Sabtu itu, mereka telah memeriksa susunan genetik virus dan membandingkannya dengan hasil yang tim Fouchier lakukan pada virus Saudi. Virus itu 99,5% identik. HPA segera memberi tahu Organisasi Kesehatan Dunia, yang mengeluarkan peringatan global pada Minggu malam.

"Tiba-tiba ini menjadi jauh lebih menarik," kata Tony Mounts, kepala pemantauan dan pengawasan pandemi di Organisasi Kesehatan Dunia. “Kami sekarang memiliki dua kasus yang terjadi beberapa bulan terpisah, dari virus dalam keluarga yang sama dengan Sars, dan kedua kasus memiliki pneumonia yang buruk.” Namun, keparahan infeksi hanya satu kekhawatiran. Hanya beberapa minggu kemudian, jutaan peziarah akan tiba di Mekah untuk naik haji. Jika virus itu bersembunyi di wilayah ini, ini adalah kesempatan sempurna untuk menyebar. “Anda memiliki tiga juta orang yang datang dari seluruh dunia yang berpotensi membawa pulang patogen baru bersama mereka,” kata Mounts. "Butuh beberapa urgensi."

Dalam acara tersebut, haji datang dan pergi tanpa lonjakan kasus. Tetapi lebih banyak dipotong di tempat lain di wilayah ini. Seorang lelaki Doha jatuh sakit dan dipindahkan ke rumah sakit paru-paru spesialis di Essen, Jerman. Dia pulih dan dipulangkan sebulan kemudian. Kembali di Arab Saudi, virus menyerang sebuah rumah tangga di Riyadh, di mana seorang pria tinggal bersama kedua putranya. Salah satu pria yang lebih muda meninggal. Yang lebih mengkhawatirkan lagi adalah sekelompok kasus di Yordania. Pada April 2012, 11 orang, termasuk delapan petugas kesehatan, menderita penyakit pernapasan misterius. Tes anumerta pada dua yang meninggal adalah positif untuk virus baru. Yang lain mungkin memiliki infeksi yang sama, meskipun lebih ringan, tetapi tes tindak lanjut tidak pernah dilakukan.

Bulan lalu, pejabat kesehatan Inggris melaporkan infeksi pertama di penduduk Inggris. Pria itu, Abid Hussain, yang dalam perawatan intensif di Manchester, jatuh sakit dalam perjalanan ke Timur Tengah. Dia terbang ke Pakistan untuk mengunjungi keluarga, tetapi berhenti di Mekah dalam perjalanan pulang untuk berdoa bagi putranya, Khalid, yang sedang dirawat karena kanker otak. Segera setelah Abid tiba di rumah, putranya, yang menggunakan obat-obatan untuk menekan sistem kekebalan tubuhnya, mengambil virus dan meninggal beberapa hari kemudian di Rumah Sakit Queen Elizabeth di Birmingham. Adik Abid juga terkena virus, tetapi dengan cepat pulih.

Khalid meninggalkan seorang istri, Azima, dan anak laki-laki kembar, yang akan menjadi tiga besok. "Mereka terus bertanya, 'Di mana ayah? Kapan ayah pulang? ', Tapi mereka terlalu muda untuk tahu apa yang sedang terjadi, "kata Azima kepada Guardian. Kelompok infeksi dalam keluarga telah meyakinkan para ilmuwan bahwa virus dapat menyebar dari orang ke orang, walaupun jarang.

Ketika meja kasir mengklik pada kasus infeksi baru, para ilmuwan fokus pada beberapa pertanyaan penting. Seberapa mudah virus menyebar? Dari mana asalnya? Bagaimana orang terinfeksi? Sampai sekarang, jawabannya adalah serangkaian yang tidak tahu.

Tidak ada tanda-tanda bahwa virus menyebar dengan mudah dari orang ke orang. HPA menindaklanjuti 60 orang aneh, termasuk dokter dan perawat, yang melakukan kontak dengan pasien di Rumah Sakit St Thomas. Mereka melacak lebih dari 100 lainnya yang telah melakukan kontak dengan keluarga Inggris. Tidak ada yang dinyatakan positif terkena virus.

Sejauh ini, begitu meyakinkan. Tetapi virus akan bermutasi dan dapat beradaptasi untuk menyebar lebih mudah, para ilmuwan memperingatkan. “Itulah yang kami khawatirkan,” kata Eric Snijder, kepala virologi molekuler di Leiden University. "Jika itu terjadi, kamu mungkin mendapatkan varian pandemi yang menyebar dengan mudah, dan itu akan menjadi masalah besar."

Tidak ada yang tahu dari mana virus itu berasal, tetapi para ilmuwan punya ide. Ketika para peneliti menjalankan urutan genetik melalui perpustakaan virus corona yang dikenal, itu sangat cocok dengan strain yang berada di kelelawar pipistrelle. Jika koneksi dengan kelelawar terdengar familier, ada alasan bagus. Virus Sars juga dilacak menjadi kelelawar, meskipun menyebar ke manusia melalui kucing luwak yang terinfeksi. Kecurigaan terhadap virus terbaru mendorong pemerintah Arab Saudi untuk memanggil tim Universitas Columbia untuk mensurvei kelelawar di sekitar kota Bisha, rumah bagi pasien pertama yang diidentifikasi dengan virus oleh Zaki. Tim belum mempublikasikan temuannya, tetapi apa pun itu, mereka tidak akan menyelesaikan gambar. Hewan pertama yang ditemukan mengandung virus mungkin bukan yang menyebarkannya ke manusia.

Banyak ilmuwan menduga binatang perantara membawa serangga baru dari kelelawar kepada orang-orang. Kesaksian dari mereka yang terinfeksi sedikit dan jarang: beberapa pasien masih dalam perawatan intensif, yang lain mati. Tapi petunjuk mungkin muncul. Pria Doha yang dirawat di Jerman memiliki sebuah peternakan kambing dan mengatakan kepada dokter bahwa beberapa kambingnya sakit sebelum ia jatuh sakit. Bukan itu saja. Penjaga hewan juga mengambil infeksi pernapasan yang cukup serius untuk membawanya ke rumah sakit. Cerita menunjuk kambing sebagai biang keladinya hingga kesaksian lain dipertimbangkan: beberapa pasien melaporkan tidak ada kontak dengan binatang.

Virus baru mungkin bersembunyi di rekan atau hewan ternak di Arab Saudi dan mungkin Yordania dan Qatar, tetapi negara-negara ini juga importir utama hewan. “Saya dapat dengan mudah membayangkan situasi di mana virus ini bersembunyi di kelelawar di Sudan atau Pakistan, ternak domestik mereka terinfeksi, dan dipindahkan ke negara-negara ini,” kata Mounts.

Tidak ada yang mengharapkan jawaban segera. Untuk semua keprihatinan di lembaga kesehatan masyarakat, hampir tidak ada yang dilakukan di lapangan untuk mengetahui hewan apa, atau hewan, yang menyebarkan virus kepada orang-orang. Itu, kata Fouchier, tidak cukup baik. Dia ingin Jordan, Arab Saudi, Qatar dan negara-negara tetangga untuk menguji kambing, domba, unta, kuda, dan hewan lain untuk virus. Sejak ekspedisi untuk mensurvei kelelawar di Bisha, upaya untuk menyaring hewan untuk virus telah goyah. Ditanya apa yang sedang dilakukan di negara-negara yang terkena dampak untuk melacak infeksi pada hewan, Juan Lubroth, kepala dokter hewan di WHO mengatakan: "Setahu saya, tidak ada kegiatan. Kami sangat gelap. ”

Orang-orang di wilayah itu juga harus diskrining, kata Fouchier. Dia ingin melihat tes acak di bank darah manusia untuk melihat seberapa lazimnya virus dalam populasi. Tes-tes ini, dan tes pada hewan, sederhana dan akan menjawab dua pertanyaan utama: di mana virus itu bersembunyi, dan seberapa umum itu?

“Kami pikir virus ini beredar di antara manusia di wilayah tertentu di dunia, atau di antara hewan, mungkin hewan peliharaan, dari mana ada persilangan ke manusia. Membedakan antara dua kemungkinan itu sangat penting, tetapi sangat sedikit yang dilakukan untuk mengetahuinya, ”kata Fouchier.

Beberapa negara yang bersangkutan memiliki masalah yang lebih besar, tetapi ada alasan kuat untuk melakukan pekerjaan itu. Sars beredar di bawah radar pemerintah jauh sebelum mulai membunuh dalam ratusan. Virus baru telah diambil dengan cepat, sebagian besar berkat pengawasan yang lebih baik yang dilakukan setelah Sars. Pendekatan kehati-hatian sekarang bisa menyelamatkan banyak nyawa nanti.

Pada hari-hari awal wabah Sars, menyeret kaki dan kurangnya keterbukaan oleh negara-negara yang terkena dampak membuat mengandung virus jauh lebih sulit. Situasi dengan coronavirus baru serupa, dan telah mendorong para ilmuwan Eropa untuk membuat persiapan awal untuk wabah daripada menggigit virus sejak awal. "Kami sekarang benar-benar mengambil jalan alternatif di mana Eropa akan bersiap menghadapi yang terburuk," kata Fouchier. "Kita harus melakukan lebih banyak sekarang, bukan dalam hal pencegahan, tetapi dalam hal intervensi begitu virus ini memasuki Eropa lebih sering."

Sebagai tindakan pencegahan, sebuah kelompok Eropa bernama Silver, tempat Fouchier berada, telah mulai menskrining ratusan obat yang disetujui oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan AS yang mungkin bekerja melawan virus. Alasannya sederhana: jika lebih banyak kasus muncul, di Birmingham, Munich atau Paris, maka dokter setidaknya memiliki obat yang dapat mereka raih - garis pertahanan pertama. Jika yang terburuk terjadi, dan pandemi mengancam, obat-obatan mungkin membeli waktu untuk membuat vaksin.

"Kami memiliki tujuh atau delapan obat yang melakukan sesuatu terhadap virus corona, tetapi kami sekarang perlu mengulangi proses untuk memastikan bahwa kegiatan itu berarti sesuatu," kata Snijder kepada Guardian. Cepat atau lambat, setiap obat yang menjanjikan harus diuji pada hewan, tetapi di sini ada masalah lain. Sejauh ini, tidak ada "model hewan" di mana untuk menguji obat.

Zaki sekarang bekerja di universitas Ain Shams di Kairo. Dalam beberapa minggu ke depan, ia berencana untuk memeriksa sampel darah dari pasien di salah satu rumah sakit kota untuk melihat apakah ada infeksi yang tidak diketahui atau tidak dilaporkan. Dia mendukung keputusannya untuk mengumumkan ketegangan kepada dunia, meskipun ada keberatan dari pejabat kesehatan Saudi. "Saya tidak yakin pada waktu apa yang sedang terjadi," katanya. "Aku tidak tahu apa yang ada di tanganku."

Dikutip langsung dari Guardian.com


Comments

Follow Portal Rimbawan

"SELAMATKAN HUTAN UNTUK PERADABAN"

"SELAMATKAN HUTAN UNTUK PERADABAN"

Sering Dikunjungi

Makalah Evaluasi Kurikulum

MAKALAH TELAAH KURIKULUM

Open Volunteer (Kontibutor)

Open Volunteer (Kontibutor)
Gabung Bersama Kami dalam Mengkampanyekan Alam..!!