Berikut 4 Hal yang Sebaiknya di Lakukan Ketika Tersesat di Gunung

Kita Rangkum dalam pembahasan sebagai berikut :

1. TETAP TENANG
Mudah sekali untuk menulis  huruf diatas, tapi bagi pendaki pemula sangat sulit untuk tetap tenang ketika menyadari sudah dalam kondisi  tersesat, tetapi mau tak mau bersikap tenang adalah hal pertama yang harus dilakukan. Selain itu anda harus memiliki kemauan yang kuat untuk tetap bertahan hidup dan yakin bahwa anda pasti akan ditemukan oleh tim penyelamat adalah dua hal yang harus anda tanamkan pada diri anda.

2. KEMBALI KE TITIK AWAL  ATAU TERUS KE PUNCAK
Dalam kondisi tenang diharapkan anda akan bisa berfikir jernih, selanjutnya anda punya pilihan kembali ke titik awal atau terus melanjutkan perjalanan ke puncak. Keputusan ini tergantung beberapa pertimbangan seperti kondisi fisik, logistik yang tersedia, tingkat kesulitan jalur, dan perkiraan jarak antara kembali ke titik awal atau tetap meneruskan kepuncak, tetapi kalau hari sudah mulai gelap sebaiknya langsung dirikan shelter untuk bermalam. Putuskan dengan matang dan jalani dengan penuh keyakinan kalau anda pasti akan kembali masuk ke peradaban.

3. TINGGALKAN JEJAK SEBAGAI PENANDA
Saat memutuskan kembali ke titik awal atau meneruskan ke puncak, jadikan lokasi pertama anda tersesat menjadi titik nol atau titik awal perjalanan anda. Tinggalkan jejak dengan memberi tanda lokasi tersebut, bisa dengan apa saja yang penting mudah terlihat. Lebih bagus lagi dengan meninggalkan sedikit catatan yang berisi waktu dan rencana perjalanan anda.

4. CARI LOKASI STRATEGIS DAN BUAT SIGNAL
Tindakan terakhir yang harus dilakukan jika tidak juga menemukan jalan keluar atau anda terlalu takut untuk mencari jalan keluar adalah membuat shelter dilokasi yang cukup aman, nyaman dan cukup strategis seperti dekat dengan sumber air dan di area yang cukup terbuka sambil menunggu tim penyelamat menemukan anda.  Buat sinyal dari api atau tumpukan batu, kayu atau bahan lainnya sebagai penanda posisi agar mudah terlihat dari atas atau dari kejauhan.

🔁source: @langkahpendaki_id



Comments

Follow Portal Rimbawan

"SELAMATKAN HUTAN UNTUK PERADABAN"

"SELAMATKAN HUTAN UNTUK PERADABAN"

Sering Dikunjungi

Makalah Evaluasi Kurikulum

MAKALAH TELAAH KURIKULUM

Open Volunteer (Kontibutor)

Open Volunteer (Kontibutor)
Gabung Bersama Kami dalam Mengkampanyekan Alam..!!